Pages

Sabtu, 06 Oktober 2012

Materi 1 Rekayasa Perangkat Lunak


SOFTWARE

Pertama-tama saya berterima kasih kepada dosen saya Bapak Sofyan Thayf yang memberikan materi pertama Rekayasa Perangkat Lunak yaitu SOFTWARE. Materi ini sangat menambah wawasan saya seputar software.

Dalam materi pertama ini saya baru mempelajari dasar-dasar software seperti sifat-sifatnya, pembagiannya serta cara kerjanya. Hal ini mendasari pemikiran tentang software sendiri sehingga saya bias jadikan landasan untuk membuat software program ke depannya.

Software itu merupakan kumpulan item atau objek yang membentuk konfigurasi seperti:
-Program
-Data
-Dokumen


Sifat-sifat Software:
1.     Software is engineered yaitu software tidak diproduksi secara massal.
2.   Software doesn't work out yaitu tidak lapuk dan dibuat untuk jangka waktu yang  panjang. Nah software itu tidak hancur seperti hardware yang apabila disimpan dalam jangka waktu lama, bisa saja menjadi tua dan hancur sehingga tidak dapat dipakai lagi.
3.  Software is like an 'aging factory' yaitu seperti pabrik yang menua, mempunyai masa dimana software nanti tidak akan cocok lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju.
4.     Software is complex yaitu software bersifat kompleks.
5.     Software is differentiator yaitu software sebagai pembeda. Seperti pada bank BCA. Bank ini memiliki software khas yaitu KLIKBCA yang membuat nasabahnya merasa nyaman dengan dapat bertransaksi tanpa perlu berpindah dari tempat, cukup hanya dengan koneksi ke internet saja sudah bias melakukan pembayaran telpon, PDAM, PLN, belanja online dan lainnya. Software ini menjadi pembeda Bank BCA dengan bank lainnya.


Software Applications (Macam-macam software) :
1.  System Software yaitu sistem yang melayani software yang lain. Salah satunya seperti antivirus, kerja antivirus ini melayani software lainnya, nah banyak yang bertanya “mengapa dikatakan demikian?” Jawabannya adalah antivirus itu bekerja mencegah virus atau memberantas virus yang ada dalam software utama komputer. Sehingga antivirus itu merupakan software sekunder yang bertugas melayani software utama.
2. Real-time software merupakan software yang melakukan pengolahan data berdasarkan waktu yang nyata/real.
3.    Business software merupakan software yang dipakai untuk keperluan bisnis. Seperti salah satunya eSPTPPN, yang melayani penginputan data pembayaran pajak para pebisnis atau pengusaha kena pajak.
4.  Engineering / scientific software merupakan software yang dipakai untuk mengukur.
5. Embedded Software yaitu software yang dimasukkan dalam perangkat keras. Contohnya seperti AC, kulkas dan masih banyak lagi yang dimasukkan software di dalamnya. Misalnya dalam AC orang pasti bertanya-tanya, “Yang mana software yang dimasukkan dalam AC?” Nah jawabannya singkat saja software itu seperti salah satunya program/perangkat yang menerima sinyal masukan dari remot AC, sehingga kita dapat menyalakan AC pakai remot. Itu salah satu contoh software yang dimiliki oleh AC.
6.     PC software.
7.     AI software yaitu software yang banyak ditemukan di game.
8.     Web applications yaitu aplikasi yang berbasis web.


Gambar 1. Waterfall Process






Gambarnya seperti air terjun. Sering juga disebut sebagai WATERFALL PROCESS karena bentuknya yang seperti air terjun.

Nah, sekian yang saya pelajari pada pembahasan materi pertama seputar SOFTWARE ini, mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau penulisan. Terima kasih telah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat !!!

----------------------------------------------------------------




Tidak ada komentar:

Posting Komentar